Cendawan Kam’ah (Jamur Petir) dan Celak Itsmid

 

kam'ah

kam’ah

Pada zaman Al-Mutawakkil yang matanya sedang sakit, dengan marah dia berkata tentang keadaan matanya karena semakin banyak obat yang ia konsumsi semakin tambah sakitnya. Dia pun bertanya kepada ulama’, Imam Ahmad bin Hambal menyebutkan hadits:

“Kam’ah itu al-mann dan airnya dapat menyembuhkan mata.” (HR. Al-Bukhari, 4478 dan Ahmad, 1/181)

Al-Mutawakkil memanggil dokter khususnya bernama Yohana bin Maswaih beragama Nasrani, kemudian mengatakan bahwa ia akan mengeluarkan air dari kam’ah itu wahai Amirul Mukminin. Ia pun mengupas, merebus, kemudian membelahnya. Ia keluarkan airnya dan oleskan pada mata Al-Mutawakkil. Allahu akbar!! Ia pun sembuh, dokter pun bersyahadat.

Kam’ah  adalah tumbuhan alami yang tumbuh di tengah turunnya hujan musim semi yang diiringi banyak petir, obat yang manjur untuk prngobatan berbagai penyakit mata.

celak itmid2

celak itsmid

celak itsmid

Ibnu Umar r.a berkata, Rasulullah SAW. bersabda:

“Hendaklah kalian menggunakan itsmid, sesungguhnya menggunakannya itu bisa memperjelas pandangan dan menumbuhkan rambut.” (Syu’ab Al-Iman, 6426)

Dari Ibnu Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW. bercelak dengan itsmid setiap malam sebelum tidur sebanyak 3 kali pada tiap mata. (HR. Ahmad)

Itsmid dapat membunuh bakteri kolon dalam jumlah sangat banyak dan dapat membunuh beberapa penyakit bakteri parasite (pathogen), mempunyai pengaruh positf terhadap epidermis dan dermis, serta mengaktifkan dan menguatkan akar rambut yang menjadi factor pertumbuhan dan kekokohannya. Pengaruh semacam ini dapat dibuktikan secara ilmiah, beberapa senyawa antimony (dalam itsmid) dapat mengobati sebagian penyakit kulit (pecah-pecah) dan mengobati kebotakan.

Leave a comment